Timeline digunakan untuk membuat dan mengatur animasi masing-masing
obyek layer dan frame. Seperti halnya film, animasi flash terbagi dalam
beberapa frame. Layer dapat diibaratkan seperti beberapa klik film yang
disusun secara vertikal. Masing-masing klik memiliki gambar dan
tampilan yang berbeda pada stage.
MENGENAL LAYER
Layer dapat anda bayangkan sebagai kumpulan lapisan plastic transparan yang tersusun vertikal. Anda dapat membuat dan mengedit obyek pada sebuah layer tanpa mengganggu dan mempengaruhi obyek pada layer yang lainnya.
MENGENAL FRAME
Frame merupakan kotak-kotak pada Timeline yang berguna untuk membagi dan mengatur waktu berjalannya animasi yang Anda buat. Semakin banyak frame ditempatkan maka semakin lama animasi Anda akan berjalan.
Untuk lebih memahami pengertian frame, mari kita lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Buatlah sebuah dokumen baru. Misalnya : gardumedia.fla
2. Buatlah sebuah kotak (bujursangkar) pada Stage. Hasilnya seperti gambar berikut.
Pada saat Anda membuat bujursangkar pada Stage, maka akan muncul tanda lingkaran hitam pada Timeline. Lingkaran kecil berwarna hitam menandakan bahwa frame tersebut memiliki obyek. Lingkaran hitam tersebut disebut Keyframe.
MENGENAL KEYFRAME
Keyframe merupakan frame yang mendefinisikan perubahan yang terjadi pada animasi atau frame yang digunakan untuk meletakkan frame action.
Lingkaran kecil berwarna hitam menandakan bahwa frame tersebut memiliki obyek. Sedangkan bila hanya terdapat lingkaran putih berarti frame tersebut tidak memiliki obyek di dalamnya atau disebut Blank Keyframe.
MENGENAL PLAYHEAD
Playhead berbentuk kotak merah, digunakan untuk menjalankan animasi berdasarkan urutannya pada Timeline. Pada saat animasi dijalankan, playhead akan bergerak ke kanan mengikuti alur animasi yang anda buat. Playhead juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui tampilan animasi pada Stage. Klik dan Drag playhead pada timeline header menggunakan mouse kearah kanan.
MENGENAL LAYER
Layer dapat anda bayangkan sebagai kumpulan lapisan plastic transparan yang tersusun vertikal. Anda dapat membuat dan mengedit obyek pada sebuah layer tanpa mengganggu dan mempengaruhi obyek pada layer yang lainnya.
MENGENAL FRAME
Frame merupakan kotak-kotak pada Timeline yang berguna untuk membagi dan mengatur waktu berjalannya animasi yang Anda buat. Semakin banyak frame ditempatkan maka semakin lama animasi Anda akan berjalan.
Untuk lebih memahami pengertian frame, mari kita lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Buatlah sebuah dokumen baru. Misalnya : gardumedia.fla
2. Buatlah sebuah kotak (bujursangkar) pada Stage. Hasilnya seperti gambar berikut.
Pada saat Anda membuat bujursangkar pada Stage, maka akan muncul tanda lingkaran hitam pada Timeline. Lingkaran kecil berwarna hitam menandakan bahwa frame tersebut memiliki obyek. Lingkaran hitam tersebut disebut Keyframe.
MENGENAL KEYFRAME
Keyframe merupakan frame yang mendefinisikan perubahan yang terjadi pada animasi atau frame yang digunakan untuk meletakkan frame action.
Lingkaran kecil berwarna hitam menandakan bahwa frame tersebut memiliki obyek. Sedangkan bila hanya terdapat lingkaran putih berarti frame tersebut tidak memiliki obyek di dalamnya atau disebut Blank Keyframe.
MENGENAL PLAYHEAD
Playhead berbentuk kotak merah, digunakan untuk menjalankan animasi berdasarkan urutannya pada Timeline. Pada saat animasi dijalankan, playhead akan bergerak ke kanan mengikuti alur animasi yang anda buat. Playhead juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui tampilan animasi pada Stage. Klik dan Drag playhead pada timeline header menggunakan mouse kearah kanan.