Macromedia Flash 8 / Adobe CS 3 memiliki beberapa panel yang dapat
Anda gunakan dalam membuat dan mengedit obyek serta animasi dalam sebuah
dokumen Flash.
1. PROPERTY INSPECTOR
Panel Property Inspector digunakan untuk mengatur setting dokumen Flash
serta property obyek dalam stage. Setiap kali Anda membuat atau memilih
sebuah obyek pada stage, maka atribut obyek tersebut akan otomatis
muncul pada panel Property Inspector.
2. PANEL LIBRARY
Panel Library berisi semua jenis symbol, baik gambar (graphic), sound,
movie clip, tombol (button) , dan sebagainya yang sering digunakan dalam
sebuah dokumen Flash. Penggunaan panel Library sangat membantu Anda
dalam membuat aplikasi Flash yang efisien dan efektif, sebab Anda tidak
perlu mengimpor file gambar atau suara yang sama berulang kali. Anda
cukp menyimpan file-file tersebut dalam panel library dan mengambilnya
kembali bila sewaktu-waktu Anda perlukan.
Untuk menampilkannya klik menu
windows > Library pada menu bar. Atau tekan
Ctrl + L pada keyboard atau
F11
3. PANEL ACTION
Panel Action digunakan untuk menuliskan Action Script pada frame,
button, atau obyek lainnya pada stage. Pembahasan lebih lanjut mengenai
panel Action serta penggunaan Action Scipt dapat disimak pada pertemuan
berikutnya.
4. COMMON LIBRARIES
Common Libraries adalah kumpulan komponen (symbol) dalam library yang
disediakan oleh Flash untuk memudahkan pembuatan animasi yang Anda
lakukan
Untuk menampilkannya klik menu
Windows > Common Libraries pada menu bar. Common Libraries terdiri atas tiga jenis, yaitu:
- Button
- Classes
- Learning Interactions
5. COLOR MIXER
Color Mixer digunakan untuk memilih warna Stroke atau Fill yang ingin
Anda gunakan pada sebuah obyek. Anda cukup memilih salah satu warna yang
tersedia, atau dengan mengetikkan kode warna heksadesimal pada kotak
yang tersedia.
Index istilah-istilah dalam program Flash