Sabtu, 26 November 2011

Mengenal Lebih Jauh ‘Portal Rumah Belajar’


Oleh : M. Hasan Chabibie, ST - Staf Bidang PTP Berbasis Web dan Multimedia, Pustekkom
Aktivitas mengajar dan belajar bagi para guru dan siswa kini bakal makin mudah dan menyenangkan. Ini seiring munculnya terobosan baru dari Kementerian Pendidikan Nasional yang meluncurkan portal rumah belajar, Portal ini dapat diakses dengan alamat http://belajar.kemdiknas.go.id.  Sebuah Portal yang didesain khusus sesuai dengan kebutuhan stakeholder pendidikan dan diharapkan mampu menjawab ‘digital devide’ dalam dunia pembelajara.
Portal rumah belajar merupakan media belajar berbasis internet (on line) yang dibangun secara khusus untuk memudahkan guru dan siswa mendapatkan bahan atau materi untuk kepentingan mengajar siswa. Portal ini bisa diakses melalui: http://belajar.kemdiknas.go.id. Berbeda dengan situs internet pada umumnya, portal rumah belajar ini lebih menekankan sisi interaktivitas antara pengguna yakni guru dan siswa dengan portal rumah belajar itu sendiri. Lewat portal rumah belajar, para guru dan siswa bisa mengakses bahan belajar serta berkomunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan. Portal ini juga bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain yang punya kemauan untuk belajar.
 
Diharapkan pengguna portal rumah belajar terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga mampu membentuk komunitas. Dengan terbangunnya komunitas belajar melalui portal rumah belajar, nantinya konten dari portal ini bisa terus dikembangkan secara mandiri oleh para guru dan siswa yang aktif memanfaatkannya. Sementara itu, seiring aktifnya pengguna portal tersebut, Kementerian Pendidikan Nasional akan bertindak sebatas inisiator, fasilitator, serta regulator.
 
 
Fasilitas Yang Disediakan
Sebagai media belajar yang berbasis on line, portal rumah belajar didesain untuk memudahkan lalu lintas aktivitas para penggunanya. Terdapat 3 (tiga) fasilitas yang bisa diakses oleh para guru dan siswa. Fasilitas itu adalah:
  • Rancangan pembelajaran
  • Bahan belajar
  • Aktifitas belajar
  • Bank soal
  • Katalog media


Tampilan awal Portal Rumah Belajar




Pada menu Rancangan Pembelajaran, guru dapat mendownload dan meng upload materi rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Silabus rancangan pembelajaran ini mengacu pada kurikulum inti, serta SK-KD yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum. Untuk menu Bahan Belajar, guru dapat mengunduh multimedia pembelajaran seperti: materi pokok, modul on line, animasi, simulasi, video, audio, dan buku elektronik. Tidak hanya itu, menu Bahan Belajar juga menyediakan katalog multimedia pembelajaran yang terdiri dari: teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi.


Untuk menu Aktifitas Belajar, para guru dan siswa bisa saling terhubung ke dalam forum yang terpilah menjadi:  forum diskusi, kelas maya dan bimbingan belajar baik sinkronus maupun asinkronus.
Pada menu Bank Soal, para guru dan siswa bisa mengakses sarana evaluasi belajar yang berisi kumpulan soal. Kumpulan soal ini terbagi ke dalam dua kategori:
  1. Soal latihan interaktif di mana siswa dapat memilih materi atau topik tertentu yang diminatinya.
  2. Soal-soal ujian (try out) sesuai dengan bidang studi.
Sementara pada menu katalog media ditampilkan semua kebutuhan gambar, animasi, video pembelajaran, suara, dan media presentasi guru yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan proses belajar mengajar guru di semua tingkatan.
Langkah Kementerian Pendidikan Nasional membangun portal rumah belajar ini tidak lepas dari dinamika dunia pendidikan yang menuntut pengembangan media pembelajaran yang multiakses, cepat, berbiaya murah, serta mampu menghubungkan banyak orang. Untuk itulah, pembangunan portal rumah belajar dirancang dengan sejumlah kelebihan yaitu:
  • menyediakan fasilitas belajar baik bagi siswa maupun guru
  • memiliki berbagai media pembelajaran berupa : teks, grafis, foto,audio, video, dan animasi.
  • menyediakan kumpulan soal yang lengkap baik untuk latihan maupun ujian.
  • guru dapat memodifikasi dan mereproduksi rancangan pembelajaran dan materi pembelajaran
  • siswa dapat mengembangkan jaringan komunikasi dan kreativitas
  • setiap aktivitas guru ataupun siswa akan tercatat dalam database dan portofolio yang bersangkutan
Berangkat dari sejumlah kelebihannya di atas, pengembangan portal rumah belajar ini diperkirakan membutuhkan waktu 4 (empat) tahun yang terbagi ke dalam 3 tahap. Pada tahap awal, yakni pada 2011, pengembangannya diarahkan untuk menyediakan aplikasi portal rumah belajar, dan pengisian konten purwarupa (prototype) berupa: rancangan pembelajaran, bahan belajar, bank soal, serta katalog media. Pada tahap 1 ini juga dikembangkan penyediaan template  rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dapat dimodifikasi oleh guru sesuai dengan kebutuhan.
Salah satu konten gambar rumah belajar
Pada tahap 2 yang dimulai tahun 2012, pengembangan portal rumah belajar diarahkan untuk mengintegrasikan sistem database pembelajan Kemdiknas yang terdiri dari: NUPTK, NISN,NPSN/PSP, aktifitas kelas maya dan Bank Soal yang terstandarisasi oleh Puspendik. Lebih jauh lagi, pada 2012 nanti, portal rumah belajar juga mengembangkan sejumlah hal yakni :
  • penyediaan template modul online yang dapat dimodifikasi oleh guru, sehingga guru dapat membuat modul pembelajaran sendiri
  • penyediaan prototipe konten pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan.
  • penyediaan aplikasi karya kreativitas guru dan peserta didik
  • optimalisasi kelas maya dan bimbingan belajar online.
Untuk tahap 3 yang dimulai pada 2013 hingga 2014, portal rumah belajar akan dikembangkan untuk membuat database port folio guru yang dapat menjadi bagian dari dokumen pendukung sertifikasi guru serta pengisian konten dan aktivitas dari dan untuk komunitas belajar.
Menilik desain tampilannya, portal rumah belajar dibuat semenarik mungkin dengan mengedepankan kemudahan bagi pengguna pada saat mengakses fitur atau menu yang disediakan. Pada halaman utama (beranda atau home) pengguna akan melihat 4 menu utama yakni: Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Belajar, Forum Interaktivitas Belajar dan Bank Soal. Masing-masing menu, selanjutnya bisa diklik untuk mengakses materi yang disediakan.
Saat pengguna mengklik menu Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tampilan di layar akan langsung menginformasikan daftar RPP yang sudah dibuat. Informasinya mencakup judul materi, nama mata pelajaran, jenjang, serta penulis. Selanjutnya, pengguna bisa mengklik masing-masing judul RPP yang sudah tersedia. Begitu diklik, akan muncul informasi detail dari RPP yang dimaksud lengkap dengan indikator dan materi pembelajaran. Jika pengguna merasa perlu untuk mencetak RPP yang ditampilkan, portal ini sudah menyediakan fitur untuk pencetakan. Tinggal klik lalu materi bisa dicetak untuk dijadikan referensi bagi para guru bersangkutan. Mudah bukan?
Untuk memudahkan penggunanya, RPP yang disajikan dalam portal rumah belajar ini juga menyediakan ringkasan (summary) dari materi pokok yang tersaji untuk masing-masing sub judul. Adanya ringkasan ini akan sangat membantu pengguna untuk memastikan apa saja judul materi yang akan diakses. Semisal untuk materi pokok kelas 7 biologi, pengguna akan mendapati 3 ringkasan sub judul berupa: hipertensi, pencemaran udara, dan sistem ekskresi. Untuk masing-masing sub judul tersebut disajikan ringkasannya sebagai panduan bagi pengguna.
Ketika salah satu sub judul diklik, informasi detailnya akan langsung tersaji di layar monitor. Informasi yang disajikan ini meliputi: penjelasan tentang kompetensi, materi pelajaran, simulasi, latihan, hingga tes atas materi yang disajikan. Guna mengetahui popularitas materi pelajaran yang dimaksud, ditampilkan pula informasi berapa kali materi itu dilihat dan diunduh.
Pada menu Bank Soal, para guru dan siswa bisa melihat berbagai macam soal sesuai mata pelajaran. Jika berminat untuk mengerjakannya, pengguna juga bisa langsung mengisikan jawaban untuk tiap-tiap soal. Seluruh pengerjaan soal nantinya bisa langsung dihitung nilainya secara real time setelah soal-soal selesai dijawab. Dari penghitungan tersebut, pengguna bisa segera berapa jumlah jawaban yang benar berikut durasi pengerjaannya. Inilah sisi interaktivitas yang ditawarkan oleh portal rumah belajar.
Semua menu dan fitur yang disajikan di portal ini memang dirancang khusus bagi para guru dan siswa untuk pengembangan aktivitas belajar dan mengajar dengan memanfaatkan kelebihan multimedia sehingga bisa menambah nilai interaktifitas pengguna. Dengan adanya keterlibatan aktif penggunanya, portal ini nantinya akan menjadi sarana yang sangat efektif untuk mendiskusikan beragam hal seputar dunia pendidikan. Semuanya tentu demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.   
 
(informasi dirangkum dari berbagai sumber)
Selengkapnya... »»  

Selasa, 22 November 2011

Putri indonesia yang menjadi Animator Film Upin-Ipin





Putri indonesia yang menjadi Animator Film Upin-Ipin namanya Marsha Chikita, Putri Ikang Fawzi , kiki panggilan akrab anak ikang fauzi ini saat memulai Karirnya saat ikut program magang di perusahaan di Las’ Copaque Production(rumah produksi yang membuat film animasi Upin-Ipin). Sejak awal 2010, dia diterima di sana . Bahkan, dia merupakan satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di perusahaan tersebut. Dia terjun langsung ikut membuat animasi film anak-anak yang banyak digemari di Indonesia itu.

Meski magang, Kiki sudah dibayar RM 500 (ringgit Malaysia) atau Rp 1.400.000 (kurs 1 RM = Rp 2.800) per bulan. Lantaran pekerjaannya dinilai istimewa, Kiki akhirnya diterima sebagai karyawan dengan gaji lebih besar. Namun, mulai September ini, dia harus mengambil cuti untuk menyelesaikan tugas akhir kuliahnya.

Di rumah produksi tersebut, Kiki mengaku belajar banyak tentang 3D modeller dan setting and background modeller, tapi akhirnya lebih sreg menjadi animator untuk film Upin-Ipin. Animator itu menganimasi setiap shoot adegan. Misalnya, saat Upin berjalan, kakinya dianimasi agar gerakannya pas. Terus, eye blinking, lipsing, dan sebagainya. “Karena itu, seorang animator suka ngaca sendiri sambil ngomong supaya tahu ekspresinya saat membuat animasi,” paparnya.

Ada 20 animator di rumah produksi itu dan Kiki adalah satu-satunya dari Indonesia. Saat ini, meski sedang cuti, dia mendapat tugas untuk ikut mempersiapkan Upin-Ipin ke layar lebar. Kiki-lah yang memberikan sentuhan Indonesia dalam film dua anak kampung Malaysia itu.

Misalnya, lewat tokoh Shanty, teman Upin dari Jakarta. Agar benar-benar Indonesia, Kiki memberikan banyak polesan pada tokoh Shanty.

“Director dan script writer suka mengajak saya untuk membantu. Misalnya, di Malaysia kan tidak dikenal kupu-kupu, tapi rama-rama. Terus, kata “senang” di sana berarti mudah. Kalau di sini, artinya gembira,” tuturnya.

Pada kesempatan lain, seperti dalam episode Berkelah atau Piknik, Kiki memasukkan unsur-unsur Indonesia untuk menyesuaikan dengan tokoh Shanty yang asli Indonesia. Misalnya, membuat animasi kue bakpia, semprong, dan keripik ceker ayam. “Supaya lebih kaya kulturnya. Dan mereka suka,” ucapnya bangga.

bukan saja sebagai animator upin dan ipin ini saja, ternyata Marsha Chikita Fawzi yang tak lain adalah putri pasangan selebriti Ikang Fawzi dan Marissa Haque penggagas Unyil dan Upin bersalaman di dunia maya sebagai ikon kampanye “Damai Yuk” untuk Indonesia-Malaysia yang di posting di akun twitter dan facebooknya.


Selengkapnya... »»  

Kamis, 17 November 2011

Membuat CD Tutorial

Pernah kah kita melihat sebuah video tutorial, misal video tutorial tentang menjalanankan sebuah program atau petunjuk pelaksanaan sebuah tugas, memang kalau orang yang berkecimpung dengan video editing apa sih susahnya membuat sebuah video tutorial, tapi kalau kita yang awam mungkin sulit rasanya untuk membuat sebuah video tutorial, tapi saya menemukan sebuah program dan program tersebut freeware/gratis atau dapat digunakan secara maksimal, program tersebut sebenarnya untuk mencatat semua aktivitas gambar yang terjadi dilayar kumputer, tapi program tersebut dapat digunakan untuk membuat sebuah tutorial sederhana, biasanya dengan bantuan sebuah video tutorial maka orang tersebut akan lebih mudah mengerti karena apa, sebab sebuah video tutorial dapat diulang - ulang dimana bagian yang tidak mengerti, nah program tersebut bernama Camstudio, banyak program lain yang bisa digunakan untuk mencatat aktivitas gambar yang bisa digunakan untuk membuat video tutorial, namun hanya Camstudio yang relatif mudah dalam penggunaannya, program tersebut dapat sahabat download disini

Baiklah sahabat rasanya tidak usah banyak - banyak bercerita, untuk yang pertama kita bisa melihat tampilan dari Camstudio, Region merupakan tempat untuk menentukan rekaman akan dilakukan



1.Untuk Merekam seluruh layar pada bidang kumputer pilih Full screen, full screen digunakan untuk merekam seluruh aktivitas gambar.



2. Yang diatas merupakan pilihan untuk merekam seluruh aktivitas gambar, untuk mulai merekam klik Record, maka secara otomatis cam studio akan mulai merekam seluruh aktivitas gambar yang terjadi.



3. Ada tiga buah tombol, tombol tersebut sangat berperan apakah perekaman akan dilanjutkan atau tidak, berhenti atau tidak, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar dibawah.



4. Setelah selesai perekamaman gammbar dengan klik stop, maka gambar secara default akan tersimpan di Folder Camstudio pada program files.

Nah langkah pertama, sudah selesai membuat video tutorial, langkah selanjutnya adalah menghias video biar tambah profesioanal hasilnya, untuk mengedit atau melakukan pengolahan kita gunakan saja windows movie maker, dimana window movie maker secara default akan selalu ada pada windows baik XP ataupun vista, kenapa saya memilih windows movie maker karena windows movie maker mudah dalam penggunaan dan hasilnya tidak terlalu mengecewakan, untuk langkah - langkahnya.

1. Load File Video kearea kerja Window Movie Maker, dengan imfort video



2. Untuk Menambahkan kata - kata seperti ucapan selamat datang, atau ucapan terimakasih klik title, pada bagian title bisa memilih, apakah akan muncul ketika pertama kali tampil, ditengah ataupun diakhir, dan bentuk hurup dan animasinya bisa diubah sesuai dengan keinginanan kita

n

4. Untuk Menambahkan narasi, kita bisa menjadi naratornya tetapi harus ada alat tambahannya berupa earphone yang dilengkapi dengan mic, klik gambar mic maka kita sudah bisa untuk menambahkan narasi

4. Setelah pengeditan sudah kita lakukan maka langkah selanjutnya adalah finish, penyelesaianya dapat dilakukan dengan menyimpan apakah akan disimpan di MY cumputer, dibakar di Cd room atau dikirim ke email, web, atau dikirim kamera



5. Langkah selanjutnya adalah penyelesaian akhir dari video tutorial yang dibuat


Apabila anda sudah mengikuti langkah diatas satu demi satu berarti anda sudah bisa untuk membuat sebuah video tutiorial 
(Sumber:http://www.mangdeska.com/2010/01/membuat-video-tutorial.html)
Selengkapnya... »»  

VIDEO EDITING Dengan Ulead Video Studio



Ulead video studio merupakan software yang digunakan untuk editing video, Video Studio merupakan software profesional dalam mengolah video, banyak fiture dan tool yang ditambahkan seperti rendering, output video, overlay, banyak fasilitas yang diberikan, dan hasil yang diberikan dengan menggunakan ulead video dalam video editing sangat memuaskan kita, dan software video studio tersebut dapat di download disini



 
 












Ingin memiliki softwar tersebut silahkan  download sini


Untuk menggunakan Corel Video Studio X2 Pro secara full versi, sahabat download Crack corel video studio x2, untuk download Crack corel video studio x2, untuk download
DOWNLOAD DISINI
Selengkapnya... »»  

Senin, 07 November 2011

Apa Yang Dimaksud DESAIN GRAFIS


Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis yang saya ambil dari situs http://id.wikipedia.org/
Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visible untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian written yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visible dan perangkat komunikasi.
Menurut Michael Kroeger visible communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visible dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visible pada segala permukaan.
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
Program Pengolah Grafis
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah joke berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari module lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, module yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari module pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan module pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan module ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition
5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro
dari berbagai sumber
Selengkapnya... »»  

Jumat, 04 November 2011

CARA PENGOPERASIAN KAMERA VIDEO PANASONIC MD 10000


Kamera MD10000 merupakan kamera terbanyak yang dipakai oleh videographer di Indonesia. Hal ini merupakan suatu kenyataan yang dapat dilihat bahwa hampir di setiap daerah kabupaten pada khususnya menggunakan kamera jenis ini. Dengan harga yang murah dan cara pengoperasiannya yang gampang membuat kamera ini tetap dikejar oleh para videographer. Bagi anda yang baru membeli kamera ini, mungkin anda dapat belajar dari artikel berikut ini:
 
Bagaimanakah cara mengoperasikan Kamera Panasonic MD10000  : 
Pertanyaan:
1. Menu apa saja yang terdapat dalam kamera tersebut? 
2. Bagimana langkah membersihkan head kamera? 
3. Berapa Zoom yang ada pada kamera Panasonic MD10000? 
4. Ada berapa konektor yang bisa terhubung dengan kamera Panasonic MD10000?
5. Bagaimana langkah memasukan kaset miniDV yang benar? 
Jawaban: 
1. Menu-menu dalam kamera Panasonic MD 10000 : • AC Adaptor, DC input lead and AC main head • Battery pack (lithium-ion) • Infra-red remote controller • External stereo microphone • S-video cord • AV cord • Shoulder strap • Head cleaning tape • Lens cap • Panasonic NV-MD10000 manual 
2. Cara untuk membersihkan head kamera : 1. Cleaning tape digunakan dengan durasi tidak lebih dari 10 detik dalam posisi record. Jangan menggunakan cleaning tape untuk waktu lebih dari 10 detika karena akan memperpendek usia head drum anda. 2. Cleaning tape yang anda miliki tampaknya tidak memerlukan cairan (semprot). Untuk DV camcorder, cara membersihkan head drum dengan disemprot mohon dihindari karena dapat merusak head drum. 
3. Zoom yang ada pada kamera Panasnic MD 10000 Kualitas lensa kelas menengah dengan optical zoom sebesar 16X cukup untuk shooting dalam keadaan biasa. Disertakan pula digital zoom ‘hanya’ sampai 10x untuk menjaga distorsi gambar tidak terlalu banyak. Perlu diketahui, bahwa zoom secara digital akan membuat ketajaman gambar berkurang. Pada intinya Panasonic MD1000 ini didesain sebagai kamera professional dengan penggunaan yang semudah kamera amatir. 
4. Konektor yang terdapat dalam kamera Panasonic MD 10000 ada 
5, yaitu : 1. S-Video 2. Firewire 3. USB 4. Audio-video 5. HDMI 5.Cara memasukan kaset mini DV yang benar : • Cari kemudian buka tempat dimana kaset harus diletakkan (ada di sebelah kanan ) • Tunggu hingga bagian dalam kamera tersebut terangkat dan membuka sendiri. • Masukkan kaset mini DV (bagian yang berwarna merah berada di bawah dan bagian yang berlubang berada di dalam). • Tekan bagian dalam kaset tempat diletakan, tunggu hingga bagian itu turun sendiri,kemudian baru tutup bagian luar tempat kaset. 


Selengkapnya... »»